Selasa, 21 Desember 2010

Belajar CorelDRAW : Membuat Desain Undangan Unik



Tutorial kali ini kita akan membuat desain undangan dengan menggunakan CorelDRAW. Cukup banyak variasi undangan pernikahan yang kita kenal, mulai dari yang lipat dua, lipat tiga atau jenis undangan dengan lipatan model spiral. Namun yang akan kita buat kali ini adalah model desain undangan pernikahan dengan variasi lipat 3.

Digital Cartoon Painting Take Your Drawings To A Pro Level.
Take Your Drawings To The Next Level. Want To Watch Videos On How Chad Render (colors) His Cartoons Onto The Computer. Over 2 Hours Of Video Showing His Digital Process Step By Step.

Belajar Buat Kartun???


1. Pembuatan sketsa
Pembuatan sketsa sangat dibutuhkan agar kita dapat mengetahui gambaran kasar dari desain yang akan kita buat. Pembuatan sketsa ini dilakukan secara manual. Untuk lebih jelas mengenai gambar manual dapat anda lihat di artikel sahabat saya di sini



2. Pembuatan Desain di CorelDRAW
a. Buat 4 buah kotak seperti gambar di bawah ini, perhatikan setiap kotak diberi tanda A,B,C dan D. Perhatikan baik-baik perbandingan ukuran antar kotak. Ukuran kotak B = C, sedangkan ukuran kotak D = C – A. Ukuran dan perbandingannya sangat penting karena berpengaruh terhadap lipatan.




b. Beri warna kotak A dengan Pele Yellow, lalu masukkan ornament (bisa didownload disini) dengan menggunakan fasilitas pada menu Effects > Powerclip > Place inside container..., atau anda bisa lihat postingan terdahulu tentang powerclip



c. Selanjutnya pada kotak B,C dan D beri warna seperti gambar di bawah ini



d. Sampai tahap ini anda sudah menyelesaikan desain depan. Tinggal anda memulai membuat teks. Pada kotak B anda bisa isi dengan kata-kata mutiara, kotak C dapat di isi dengan peta lokasi, pada kotak A merupakan cover bagian depan.

e. Tahapan selanjutnya kita membuat desain bagian dalam, pada prinsipnya hampir sama seperti membuat desain bagian depan, hanya posisi lipatan kita balikkan arahnya, perhatikan gambar di bawah ini !



Posisi di balik dari kiri ke kanan menjadi kotak D1, C1, B1 dan A1, di mana A1 merupakan kotak A bagian belakang...dan seterusnya.
Beri warna masing-masing kotak, ambil ornament pada kotak A, lalu gandakan. Pada docker transformation pilih scale & mirror, klik panel horizontal mirror.
Selanjutnya aktifkan kotak A yang sudah dimirror tadi + kotak C1, pilih pada menu Arrange > Align and distribute > pilih align right (R) dan align Top (T) untuk rata kanan dan atas terhadap kotak C1, (pastikan kotak C1 diklik terakhir)



Untuk lebih jelas tentang align and distribute bisa dibaca lagi di sini


f. Tahap pembuatan desain dalam telah selesai, tinggal membuat teks. Pada kotak D1 berisi teks pernikahan dan acara akad nikah, pada C1 berisi acara undangan resepsi, pada B1 dan A1 digabungkan bisa diisi dengan kata-kata mutiara atau do’a.
g. Setelah selesai pastikan garis pada masing-masing kotak di none-kan....

sumber : http://www.aksaramedia.co.cc/2010/03/belajar-coreldraw-membuat-desain.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar